Badan Kejuruan Teknik Fisika (BKTF) PII mengadakan kerjasama dengan Yayasan Ikatan Keluarga Alumni Teknik Fisika (IKATF) Universitas Nasional (UNAS) dalam menyelenggarakan Seminar Nasional dan Dialog Ilmiah dengan tema “Peran Sentral Teknik Fisika dalam Bidang Riset dan Industri 4.0” pada tanggal 25 Oktober 2019 yang lalu.

Acara yang diselenggarakan di kampus UNAS ini diisi dengan berbagai seminar dan diskusi ilmiah yang diisi oleh dosen dan praktisi yang merupakan anggota dan pengurus dari BKTF sendiri. Topik-topik dan pengisi acara seminar tersebut antara lain:

1. Hydrocarbon Loss of Containment and it’s Consequences oleh Ir.Heldiansyah
2. Integration OT & IT Plant Digitalization oleh Ir.Nanang Dwi Suprapto
3. Rekayasa Material Utk Aplikasi Penyanggah Gelombang Elektromagnetic oleh Dr.Vekky R.Repi,ST,MT
4. Removal of Carbon Deposit Build Up Using HHO Engine Cleaning System oleh Ajat Sudrajat,ST,MT

Dalam sambutannya Ketua BKTF Ir. Edi Leksono, M.Eng. PhD, IPM mengatakan kegiatan seminar dan diskusi ilmiah seputar keilmuan Teknik Fisika ini sangat bermanfaat terutama untuk mendorong keilmuan Teknik Fisika agar semakin dikenal dan berkontribusi di masyarakat. Beliau juga mengapresiasi pihak panitia dari UNAS karena di dalam kegiatan ini ada sarana berbagi pengetahuan (knowledge sharing) yang sangat berharga dari para alumni Teknik Fisika Indonesia yang bekerja dibanyak tempat tidak hanya didalam negeri tetapi juga luar negeri.

Koordinator kegiatan acara yang juga salah satu pemateri Ajat Sudrajat ST, MT, mengatakan bahwa acara ini digelar untuk bisa menghasilkan output yang positif memberikan pemahaman dan pencerahan peran sentral teknik fisika yang berkontribusi pada SDM Unggul Indonesia Maju. Beliau menambahkan bahwa Teknik Fisika alumninya masih sangat minim di Indonesia, walaupun sudah ditambah beberapa universitas yang melakukan atau mengadakan kuliah yang berkaitan dengan program studi teknik fisika. Oleh karena itu UNAS bersama-sama dengan Yayasan IKATF Unas dan BKTF/PII berupaya menjawab hal tersebut.

Kegiatan yang dimulai sejak siang hari hingga sore hari ini ditutup dengan seremonial penyerahan sertifikat dan kenang-kenangan dari panitia untuk para pengisi acara dan foto bersama.

Materi sharing session dapat diunduh di tautan berikut :