Pada tanggal 17 Juni 2020, BKTF menggelar acara knowledge sharing ke-9 melalui media daring Zoom Cloud Meeting. Tema knowledge sharing kali ini terasa spesial karena sedikit di luar bidang keteknikfisikan dan dibawakan oleh seorang alumni Teknik Fisika yang menekuni bidang Human Capital Management yaitu Dr. Meswantrie ST M.SiM. Dalam kesempatan kali ini beliau membawakan materi sharing knowledge berjudul Strength Based Human Capital Management.

Lain dari knowledge sharing sebelum-sebelumnya, materi kali ini lebih terasa ringan dan mengedepankan pengetahuan tentang softskills dan membuka wawasan mengenai pembentukan karakter, pengembangan SDM, daya saing, kepribadian, dan banyak hal lain seputar human capital. Dr. Meswantrie adalah Marketing Director di PT Solusi Safety Indonesia dan dalam beberapa tahun terakhir beliau mendirikan perusahaan konsultasi untuk talent mapping, human capital management, dll.

Pemaparan dan materi yang dibawakan beliau pun sangat menarik dan membuat banyak peserta antusias untuk menyampaikan banyak pertanyaan. Di dalam materinya, beliau banyak memberikan ilustrasi mengenai tipe-tipe karakter dan kepribadian seseorang ditinjau dari sikapnya sehari-hari antara lain dalam kondisi naik lift, belanja, sampai saat meminta sesuatu di meja. Dalam penjelasannya, beliau mendetailkan bahwa seseorang dapat masuk kategori Dominance, Influence, Steadiness, dan Compliance. Beliau juga menjelaskan secara rinci mengenai kekurangan dan kelebihan masing-masing karakter tersebut.

Lebih jauh dalam pemaparannya, beliau juga menjabarkan mengenai 4 tipe budaya organisasi yang terdiri dari Clan Culture, Adhocracy Culture, Hierarchy Culture, dan Market Culture serta merinci ciri-ciri dan kekuatan/kelemahan masing-masing. Di bagian akhir presentasi, beliau membuka kesempatan kepada para peserta untuk konsultasi membaca psikologis dilihat dari raut wajah dan nama yang membuat para peserta antusias dengan jawabannya.

Ketua BKTF, Ir. Edi Leksono M.Eng, PhD, menyebutkan bahwa dirinya sangat bangga dengan alumni-alumni Teknik Fisika di Indonesia yang tersebar luas ke berbagai bidang profesi termasuk Dr Meswantrie yang saat ini menekuni bidang Human Capital yang hampir tidak ada kaitannya dengan dunia Teknik Fisika. Beliau sangat mengapresiasi kesediaan Dr Meswantrie untuk berbagi pengetahuan, pandangan dan wawasan seputar dunia human capital yang sangat menarik dan bermanfaat bagi semua peserta yang mengikuti knowledge sharing kali ini. Semoga di lain kesempatan ada alumni-alumni Teknik Fisika lain yang berprofesi di luar bidang Teknik Fisika yang mau berbagi cerita, pengalaman dan pengetahuan pada civitas akademika Teknik Fisika yang tergabung di BKTF.

Materi sharing session dapat diunduh di laman berikut.
https://drive.google.com/file/d/13d83aaGR4ymt8LEb1V8JnCAKuxxqU_go/view?usp=sharing