Pada tanggal 23 Juni 2020, BKTF kembali menggelar acara knowledge sharing ke-10 melalui media daring Zoom Cloud Meeting. Pada kesempatan ini, materi knowledge sharing diisi oleh seorang alumni Teknik Fisika dari Universitas Gadjah Mada (UGM) yang bergerak di bidang energi terbarukan di bawah naungan ASEAN Center for Energy (ACE) yaitu Bapak Aloysius Damar Pranadi. Aloysius Damar Pranadi adalah seorang Research Analyst muda di ACE sejak tahun 2016 sampai saat ini. Beliau juga menjabat sebagai Director Research and Development Yayasan Energi Bersih sejak 2015.

ACE adalah sebuah organisasi yang dibentuk oleh pemerintah negara di seluruh Asia Tenggara yang fokus melakukan riset di bidang energi untuk kemajuan para negara anggotanya. Beberapa kegiatan inti dari ACE antara lain melakukan riset, publikasi, training, workshop dan rekomendasi kebijakan yang terkait dengan energi baik energi fosil konvensional maupun energi baru dan terbarukan.

Di dalam pemaparannya, Bapak Damar menitikberatkan pada kapasitas keilmuan Teknik Fisika dalam mengembangkan berbagai kebijakan energi terbarukan dari mulai meneliti fenomena yang terjadi, memaparkan masalah, menyusun startegi penanggulangan masalah serta merumuskan solusi konkret yang tepat guna.

Lebih jauh, beliau juga memberi selayang pandang mengenai ASEAN Energy Blueprint 2016-2025 yang sudah dirilis oleh ACE mengenai kebijakan bauran energi negara-negara ASEAN yang bertujuan untuk meningkatkan konektifitas dan integrasi energi negara-negara ASEAN guna mewujudkan Keamanan, Akses, Ketersediaan, Keberlanjutan Energi untuk saat ini dan masa depan.

Dalam pemaparannya, beliau menitikberatkan juga kepada perkembangan riset-riset dan implementasi energi baru dan terbarukan di kawasan ASEAN selama 10 tahun ke belakang dan proyeksi beberapa tahun ke depan utamanya mengenai penggunaan Solar PV. Pemaparan beliau mengundang cukup banyak diskusi dan pertanyaan dari peserta yang hadir dan memberikan manfaat bagi para stakeholders yang bergerak di bidang energi baru dan terbarukan.

Ketua BKTF, Ir. Edi Leksono M.Eng, PhD, memberikan pujian secara khusus kepada Bapak Damar Pranadi yang di usianya yang masih muda (beliau lulus S1 tahun 2015), sudah mampu berkontribusi banyak kepada ACE sebagai riset analis. Selain itu Ir Edi Leksono juga mengapresiasi kesediaan beliau untuk memberikan pandangan dan mengupdate kebijakan dari negara-negara ASEAN khususnya mengenai renewable energy untuk disampaikan pada para anggota BKTF dan alumni Teknik Fisika pada umumnya. Ke depannya, beliau berharap semakin banyak alumni-alumni muda Teknik Fisika yang dapat berprestasi seperti Pak Damar dan bersedia memberikan sharing keilmuan pada para pengurus dan anggota BKTF PII.

Materi sharing session dapat diunduh di laman berikut.
https://drive.google.com/file/d/176PGd57GDiSLlaSrV1i6ZqNFrdXvPzL0/view?usp=sharing

Video Rekaman Sharing Session dapat dilihat pada laman Youtube berikut:
https://www.youtube.com/watch?v=mhQPAMyJnSE