Pada tanggal 20 Mei 2020, BKTF kembali menyelenggarakan kegiatan sharing knowledge secara daring untuk para pengurus dan anggotanya. Pada kesempatan kali ini narasumber adalah Dr.Ir. Totok Soehartanto, DEA, dosen dan peneliti yang juga merupakan Kepala Departemen Teknik Instrumentasi ITS dan Ketua Badan Kerjasama Teknik Fisika. Beliau adalah seorang ahli bangunan hijau dan auditor energi yang tergabung juga di dalam IABHI (Ikatan Ahli Bangunan Hijau Indonesia). Beliau juga memiliki banyak sekali pengalaman dalam melakukan kegiatan audit energi di berbagai perusahaan nasional seperti Pertamina dan afiliasinya, Chevron Indonesia, PJB, PT Pusri, dll selama lebih dari 10 tahun.

Topik yang dibawakan oleh beliau pada sharing knowledge kali ini adalah “Audit Energi pada Bangunan dan Industri dari Perspektif Teknik Fisika”. Dalam kesempatan ini, Pak Totok memaparkan mengenai kaidah-kaidah dalam melakukan audit energi yang sesuai dengan ISO 50001 dan PROPER KLHK. Pada bagian awal pemaparan, beliau menjelaskan mengenai terminologi Audit Energi yang terdiri dari proses evaluasi pemanfaatan energi (Significance Energy Used),dan identifikasi peluang pemanfaatan energi ECO (Energy Consumption Opportunity).

Dalam penjelasan lebih lanjut, beliau memaparkan detail dan contoh mengenai SEU dengan meninjau penggunaan energi di industri dari mulai perkantoran, proses produksi, dan utilities. Dalam pemaparan materinya beliau juga menjelaskan secara detail mengenai contoh kasus proses audit energi yang telah dilakukan beliau dan tim di salah satu perusahaan migas nasional. Dalam penjelasannya beliau menggambarkan proses dan metode yang dilakukan serta beberapa keunggulan yang dimiliki keilmuan teknik fisika di dalam melakukan proses audit energi.

Sebagai penutup, Pak Totok menyampaikan pesan penutup bahwa bidang keilmuan Teknik Fisika sebagai ujung tombak (frontier) kerekayasaan (engineering) yang menggabungkan aspek science dan teknologi. Sehingga, jika seluruh stakeholders teknik fisika di Indonesia mampu berkolaborasi dengan baik maka akan memberikan sumbangsih yang luar biasa pada Indonesia.

Ketua BKTF, Ir. Edi Leksono M.Eng, PhD, kembali memberi apresiasi atas materi yang dibawakan oleh Pak Totok sebagai salah satu pakar di dalam bidang Audit energi serta mengapresiasi seluruh peserta yang hadir yang banyak memberikan feedback, saran, serta pertanyaan-pertanyaan yang menarik selama proses sharing knowledge dilakukan.

Materi sharing session dapat diunduh di laman berikut.
https://drive.google.com/file/d/1G4mseGarD1-GLy9yfmmyIy2uQd5ziqID/view?usp=sharing